TIPS dan TRIK Tembus Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019

Kegitan tahunan Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019 pada tingkat provinsi rencananya akan diadakan kembali pada bulan maret 2019. Kegiatan yang di selenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus ini merupakan ajang kompetisi guru yang salah satunya bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru SMA/SMK/SLB.

Pada tahun ini ada 9 mata pelajaran yang akan di kompetisikan, yaitu :

  1. Matematika                  
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Fisika
  5. Biologi
  6. Ekonomi
  7. Sosiologi
  8. Bahasa Jepang
  9. Program Kebutuhan Khusus

Juara pada ajang kompetisi Olimpiade guru Nasional adalah dambaan bagi semua guru di Indonesia. Setiap tahun ribuan guru ikut andil bagian dalam kegiatan ini. Tidak jarang dari mereka hanya mengikuti saja tanpa ada persiapan yang lebih matang. Akhirnya mereka gagal untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu tahap putaran nasional yang biasanya hanya di ikuti oleh 20 guru/mata pelajaran. Untuk masuk pada putaran nasional butuh persiapan khusus, tidak hanya asal mengerjakan soal saja.

Berikut adalah persiapan yang harus dilakukan sebelum kegiatan.

1. Pelajari pedoman pelaksanaan OGN 2019

Bagi bapak/ibu guru yang akan mengikuti ini sebaiknya membaca pedoman pelaksanaan OGN 2019 terlebih dahulu. Untuk file pedoman pelaksanaan dapat di unduh di sini

Setelah di unduh silahkan di pelajari dan di pahami

2. Pelajari kisi-kisi yang telah diberikan

Soal yang di ujikan pada ajang kompetisi OGN tidak jauh dari kisi kisi yang telah diberikan oleh pihak penyelenggara. Pelajari setiap indikatornya pada kisi-kisi tersebut dan buatlah catatan-catatan kecil pada materi yang perlu di perdalam lagi.

3. Berlatih mengerjakan cepat dan tepat

Pada ajang kompetisi ini seorang guru di tuntut untuk kerja cepat dan tepat. Misalkan kalau pada ujian nasional siswa di berikan waktu 2 jam untuk mengerjakan 40 soal. Tapi pada ajang ini seorang guru diminta mengerjakan 100 soal dalam waktu 2 jam dengan tingkat kesulitan lebih sedikit sulit. Dengan waktu rata-rata 1,2 menit persetiap soal adalah waktu yang sangat singkat, terutama pada mata pelajaran matematika, Fisika dan Kimia. Maka dari itu berlatihlah mengerjakan soal-soal dengan cepat dan tepat.

4. Berlatihlah soal-soal simulasi dan soal Ujian Nasional

Mungkin sebagian guru bingung mau mempelajari soal apa? Jangan-jangan soalnya sulit-sulit seperti soal OSK/OSP atau OSN Siswa. Pandangan seperti ini adalah kurang tepat. Pada putaran provinsi atau tingkat provinsi, peserta di seleksi tingkat ketepatan dan kecepatan seperti pada poin 3 di atas. Soal yang diberikan mungkin mirip dengan soal simulasi dan soal Ujian Nasional siswa. Baru setelah lolos tingkat nasional ada soal kecermatan, presentasi dan lain sebagainya.

5. Bacalah petunjuk pengerjaan

Terdapat perbedan petunjuk pengerjan pada OGN 2017 dan OGN 2018. Kalau pada OGN 2017 jika peserta jawab salah akan di nilai minus satu (-1) jika tidak dijawab bernilai nol (0) jika benar dikalikan dua (2). Sedangkan pada OGN 2018 jika peserta jawab salah akan di nilai Nol (0) jika tidak dijawab bernilai nol (0) jika benar dikalikan dua (4). Untuk OGN 2019 lebih baik peserta bertanya kepada panitia penyelenggara.

6. Berdo’a kepada sang Pencipta

Mungkin sebagian orang tidak yakin kalau doa dapat merubah segalanya, ya biarkan saja. Tapi bagi penulis doa adalah usaha tersembunyi yang dapat memberikan hasil yang luar biasa. Di dalam doa terdapat energi supranatural yang membuat sesuatu hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.

7. Meminta restu dari orang tua/istri/suami

Sebelum berangkat minimal ijin terlebih dahulu kepada orang tua/suami/istri.  

Demikian tips dan trik yang penulis berikan. Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti kegiatan OGN ini.

Salam dari Guru SMA Ar Risalah Lirboyo Kota Kediri (Finalis OGN 2018)

Penjelasan lebih dalam bisa dilihat video berikut :